Isnin, 19 Disember 2011

LakAran MengAmbarKan PerAsaAn




Lakaran tangan di atas kertas ketika anda sedang mengelamun (doodling), atau sedang menunggu orang lain boleh menceritakan apa perasan anda ketika itu. Gundah gulana, riang gumbira, atau rasa takut.

Menurut Andrea McNichol, penulis Handwriting Analysis: Putting it Work for You, "Doodling itu mirip DNA otak. Hal itu tidak akan berbohong mengenai diri anda dan apa yang sedang dirasakan." Berikut di antara yang paling biasa dilakarkan oleh kita ketika mengelamun:

Hati
Gambar hati adalah salah satu gambar yang paling umum dan sangat jelas apa yang diinginkan oleh orang yang melakarkan bentuk ini. "Orang ini sudah pasti menginginkan romantisme," jelas McNichol.

Anak Panah
Jika anda melakar tanda anak panah, maka boleh digambarkan, anda sedang merasa penuh bercita-cita tinggi, ujar McNichol. Anda sedang memikirkan sesuatu yang menjadi tujuan utama anda.

Kiub
Gambar kiub adalah yang paling sering ditemukan di seluruh dunia. "Kiub berarti anda sedang mempertimbangkan segala aspek dari setiap sudut," jelas McNichol. Jika Anda melakar gambar sebuah kotak, anda hanya memandang suatu situasi dari satu sisi. Kiub pula menbayangkan sebuah perasaan yang sangat konstruktif.

Mata

Jika Anda melihat seseorang melakar gambar mata, ia mungkin merupakan sebuah peringatan. "Orang ini sedang merasa ia harus memiliki mata di setiap sisi kepalanya. Orang ini sedang merasa curiga akan motif orang lain dan berpikir bahawa orang lain sedang menghakiminya," ujar McNichol. Namun bila gambarnya adalah mata cantik dan lentik wanita, mungkin dia sedang memikirkan pasal kecantikan. Namun, jika seorang kanak-kanak yang melakar gambar mata, mungkin dia hanya sedang menggambar apa yang sering ia lihat di komik. Mata adalah salah satu bagian yang mudah dilukis atau dilakar.

Nama

 Jika anak kecil yang sedang mengurek-urek nama, ia mungkin sedang mencoba membuat tanda tangan. Namun, jika ada seseorang yang berusia di atas 25 tahun sedang menuliskan namanya sendiri berulang-ulang, bisa jadi ia memiliki masalah dengan egonya. "Ini bisa berarti orang ini sedang menghadapi masalah dengan imej dirinya," ujar McNichol. Kemungkinan, orang ini sedang mengkhawatirkan dirinya, seseorang yang sedang kebingungan mencari tahu siapa dirinya. Jika seseorang menuliskan nama orang lain berulang-ulang, bisa jadi orang tersebut sedang terobsesi dengan orang yang ia tuliskan.

Rumah
Orang yang sedang melakar gambar rumah berulang-ulang kali mungkin sedang mencari sebuah pusat emosional yang kuat. Mereka yang melakarkan keadaan dan suasana sesebuah rumah, seperti tirai, jendela, atau jalan menuju ke rumah, menceritakan bahwa dia sudah siap untuk memulai sebuah kehidupan baru. Namun, jika seseorang melakarkan rumah tanpa jendela ataupun pintu, bererti dia sedang merasa dalam situasi yang membuatnya terjebak dan tak ada jalan keluar.

Coret-coret

Garis tak jelas hujungnya dan lorekan disana-sini tanpa jelas bentuk bererti seseorang itu sedang kebingungan dan tak tahu arah. Erti yang sama juga berlaku pada gambar geometri yang tak berpola dan dalam bentuk bervariasi.

Orang

Jika seseorang itu melakar gamabr orang tanpa tangan, itu menandakan sesuatu yang perlu diberi perhatian lebih, ujar McNichol. Orang yang menggambar 'orang' yang tak memiliki tangan bererti ia sedang merasa tak mampu melakukan apa yang ingin dia sedang lakukan, sementara jika gambar 'orang' tak memiliki kaki, bererti dia sedang tak dapat pergi ke tempat yang  diinginkan. Perhatikan pula ekspresi orang yang ada di gambar. Apakah ia sedang menangis, sedih, atau tersenyum? Tentunya, itu juga merupakan gambaran emosi orang yang membuatnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan